Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi

Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi – Kanopi adalah atap yang di pasang sebagai pelindung mobil  dari terik matahari, kanopi terdapat dengan berbagai jenis material, ada yang bermaterial besi hollow, stainlees steel, dan lain sebagainya. kali ini kita akan membahas tetang cara menghitung kebutuhan kanopi bermaterial besi hollow. ukuran kanopi yang akan kita bahas sekarang adalah 3 m x 4.5 m. dengan material atapnya seng spandek.

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Kebutuhan-Kanopi Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi

Dalam menghitung kanopi, ada beberapa komponen yang harus kita hitung, diantaranya rangka kanopi, dan penutup atapnya. masing masing hitungan kanopi di hitung dalam satuan batang dan m2, untuk satuan batang kita guanakan pada rangka kanopi dan satuan m2 untuk atapnya.

Seperti biasa, dalam menghitung kanopi, kita harus melihat gambarnya terlebih dahulu, pada gambar nantinya akan di tampilkan berpa ukuran panjang kanopi, lebar kanopi, dan material yang di gunakan pada kanopi.

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Kebutuhan-Kanopi-1 Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi

Pada gambar denah kanopi di atas dapat kita lihat ukuran panjang kanopi dan lebar kanopi, material atap kanopi yang di gunakan.

Pajang Kanopi = 4.5 M

Lebar kanopi = 3 M

Material atap kanopi yang digunakan = atap seng spandek

Baca Juga :CARA MEMBUAT DENAH SLOOF

Setelah kita melihat gambar denah kanopi,untuk mengetahui jenis material apa dan berapa ukuran tiangnya, kita harus melihat pada detail tiang. pada detail tiang akan di tampilkan ukuran tiang, berapa batang besi di gunakan dalam satu tiang, dan bagaimana model tiangnya.

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Kebutuhan-Kanopi-2 Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi

Dari gambar di atas dapat kita peroleh data sebagai berikut:

Panjang tiang kanopi :2,30 M

Jumlah besi dalam satu tiang : 2 Batang

Ukuranbesi yang di gunakan : hollow 40 mm x 40 mm

Darti data di atas, kita ingin mengetahui berapa batang habis pemakaian besi untuk tiang kanopi:

Kebutuhan tiang kanopi = Panjang tiang kanopi x jumlah besi dalam satu tiang kanopi                        = 2,30 M x 2 batang                        = 4, 60 M x2 tiang (Tiang kanopi kiri dan Tiang kanopi kanan)
                       = 5, 20 M'

Kebutuhan Kanopi

Karena ada besi tambahan yang dipasang pada tiang kanopi, maka besi tersebut harus kita hitung, untuk menghitungnya kita harus mengetahui panjang dalam satu besi dan jumlah besi yang di pakai, pada gambar di bawah ini, di jelaskan bahwa panjang dalam satu bersi tersebut dalah 10 cm dan jumlah besinya adalah 6 batang, Maka :

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Kebutuhan-Kanopi-3 Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Panjang Besi Tambahan = panjang dalam satu besi x jumlah besi yang di pakai                      = 10 cm x 6 buah                       = 60 cm x  2 tiang (Tiang kiri dan tiang kanan)                       = 120 cm atau 1,2 M

Total panjang besi untuk tiang kanopi adalah : Jumlah Kebutuhan besi pada tiang kanopi + Jumlah kebutuhan besi tambahan, maka 5,2 M + 1,2 m = 6,4 m. dengan jenis material yang dipakai adalah besi hollow ukuran 40 mm x 40 mm.

Terus,kita akan menghitung rangka atap kanopi  untuk mengetahi bagaimana model atap kanopi, kita dapat melihat pada detail atap kanopi.

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Kebutuhan-Kanopi-4 Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi
Detail Atap kanopi

Baca Juga : CARA MEMBUAT POTONGAN B-B

Data yang kita peroleh dari gambar di atas adalah:

Panjang besi arah vertikal =  85,18 m atau 0.8518 m

Panjang besi arah horizontal= 300 cm atau 3,00 m

Jumlah besi arah vertikal = 20 batang

Jumlah Besi arah horizontal =  6 batang

Sekarang kita akan menghitung kebutuhan betuhan beso pada rangka atap kanopi, Karena pemasangan rangka atapnya memiliki 2 sisi, ada vertikal dan horizontal, untuk mengurangi faktor kesalahan, maka kita harus menguraikannya terlebih dahulu ke arah horizontal dan vertikal:

Sisi Vertikal :

Jumlah Pemakaian besi pada atap = Jumlah panjang dalam satu besi x jumlah besi                                 = 0,8518 M x 20 batang 
                                = 17,036 M'

Jadi, panjang besi arah vertikal adalah 17,036 m’

Sisi Horizontal:

Jumlah Pemakaian besi pada atap = Jumlah panjang dalam satu besi x jumlah besi 
                                = 3,00 x 6 batang 
                                = 18,00 M'

Menghitung Kebutuhan Kanopi

Maka, total kebutuhan besi pada rangka atap kanopi adalah sisi vertikal + sisi horizontal = 17,036 m’ + 18,00 m’ = 35,036 m’. Jadi total pemaikan besi pada kanopi yang ingin kita buat adalah:

Jumlah total kebutuhan besi = Panjang besi pada tiang + panjang besi pada rangka atap                            = 6,40 m + 35,036 m                             = 41,436 m

Bagimana kita memesan barang di pasaran? sedangka di pasaran besi hollow di jual dalam satuan batang? maka:

Keubtuhan besi kanopi dalam batang =      Jumlah total panjang besi
                                     panjang dalam 1 besi hollow (6 Meter)
                                   = 41,436 M  
                                       6 M
                                   = 6.906  atau 7 batang

Berati total kebutuhan besi hollow ukuran 40 mm x 40 mm adalah  7 batang.

Terus, kita akan mencari luas penutup atap kanopi, pada gambar di atas dapat kita lihat kalau panjang penutup atap kanopi adalah 4,50 M dan lebar penutup atap kanopi adalah 3,00 m, maka:

Luas penutup atap kanopi = Panjang penutup atap kanopi x luas penutup atap kanopi                         = 4,50 m x 3,00 m                         = 13,5 m2

Terus, bagaimana kalau kita ingin memesan barang di pasaran, sementara satuan yang di pakai di pasaran adalah lembar? maka:

Jumlah Penutup atap dalam lembar =           Total Luas 
                                   Luas dalam 1 lembar seng spandek (1 m x 4,5 m)
                                 = 13,5 M2 
                                    4,5 M2
                                 =3 lembar

Berati total jumlah kebutuhan seng yang kita perlukan adalah 3 lembar, Mudah bukan? Terima kasih buat teman teman pembaca yang sudah mampir di artikel Cara Menghitung Kebutuhan Kanopi, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *