Cara Menghitung Lisplank dan Nok

Cara Menghitung Lisplank dan Nok – Lisplank adalah papan yang di pasang pada ujung atap,fungsinya sebagai keindahan dari suatu bangunan, lisplank terdapat dengan berbagai jenis material, ada lisplank bermaterial kayu, GRC, Beton, dan lisplank bermaterial metal.

Nok atau bubungan adalah atap setengah lingkaran yang di pasang di pertemuan atap, Nok atau bubungan berfungsi sebagai penutup antara pertemuan atap agar tidak bocor.sama halnya seperti listplan, Nok juga terdapat dengan berbagai jenis material ada nok bermaterial seng galvalum, seng biasa dan lain sebagainya

Dalam Analisa harga Satuan Pekerjaan (AHSP) lisplank dan nok di hitung dalam satuan lembar. Karena hitungannya sama, hanya satuan lembar, kita hanya perlu satu cara menghitungnya.Ada beberapa tahap yang harus teman teman lewati untuk menghitung Kebutuhan lisplank.mari kita bahas.

Lisplank di pasang melingkari atap,maka dari itu untuk menghitung kebutuhan lisplank kita harus melihat denah atap. Pada denah atap nantinya kita akan mengetahui, daerah mana mana saja lisplank di pasang.

Baca Juga: CARA MENGHITUNG PASANGAN BATA

(GAMBAR LISTPLANK SECARA UMUM)

Pada kasus kali ini kita akan memakai atap pelana dengan denah type36. Setelah kita dapatkan denahnya, sekarang kita akan menghitung panjang pemakaian listplanknya.

Pemakaian listplank sisi depan dan Belakang

(Gambar panjang listplank sisi depan )

Dari  gambar di atas dapat kita lihat, kalau panjang listplanknya adalah 7.55 M.Karena Model bangunan nya sama antara sisi depan dan sisi belakang ,maka panjang tersebut kita kalikan 2.

Panjang Listplank  sisi 1 = panjang listplank depan x 2 sisi
                          = 7,55 M x 2 sisi
                          = 15,1 M'

Dari perhitungan di atas dapat kita lihat kalau panjang listplank sisi depan dan belakang adalah 15,1 M.

 

Pemakaian listplank sisi Samping Kiri  dan sisi samping kanan

Panjang Listplank  sisi 2 = panjang listplank Kiri x 2

Dari perhitungan di atas dapat kita lihat kalau panjang listplank sisi samping kiri dan samping kanan adalah 2423423 M.

Setelah kita dapatkan panjang listplank kedua sisinya, sekarang kita akan menjumlahkan kedua panjang sisi tersebut., Maka:

Total panjang listplank = Panjang listplank sisi 1 + Panjang listplank sisi 2

=

 

Terima kasih buat teman teman pembaca yang sudah mampir di artikel ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *