Cara Menghitung Kebutuhan Luas atap

Cara Menghitung Luas atap – Atap adalah penutup atas bangunan yang berfungsi sebagai pelindung ruangan yang ada di bawahnya, selain sebagai pelindung, atap juga berfungsi sebagai pertambahan nilai estetika dari suatu bangunan, maka dari itu, pemilik rumah sangat mempertimbangkan pemilihan material atap.

Atap juga terdapat dengan berbagai jenis modelnya, diantaranya ada model atap limas, model atap pelana, atap pelana setengah, atap beton cor atau sering disebut dengan atap DAK dan lain sebagianya, kali ini kita akan membahss tentang cara menghitung atap limas dan atap pelana.

(Model Atap Pelana)

(Model Atap Limas)

(Model Atap Beton Cor)

Dalam Menghitung atap untuk keperluan membeli barang di pasaran, ada beberapa komponen yang harus kita hitung, diantaranya, penutup atap (Seng), Rangka Atap (Kuda –kuda), namun untuk menghitung kebutuhan atap sesuai Analisa Harga satuan pekerjaan hitungannya dalam satu meter luas (M2) sudah termasuk penutup atap dan rangka atap.

(Gambar Rangka Atap)

(Gambar Penutup Atap)

Dalam Analisa Harga Satuan Pekerjaan atap di hitung dalam satuan m2, Namun, pada saat kita memesan barang di pasaran, kita memesannya dalam satuan Lembar Untuk Penutup Atap, dan untuk rangka atap kita memesannya dalam satuan batang. Kali ini kita akan mempelajari kedua cara tersebut.

Dalam Menghitung atap ada dua cara:

  1. Menghitung atap dengan ukuran pada atap
  2. Menghitung atap dengan cara ukuran pada denah dan kemiringan atap

Nah, pada pembahasan ini kita akan mengupas kedua duanya.

Cara Menghitung atap dengan ukuran pada atap, studi kasus atap pelana

Untuk menghitung Kebutuhan atap pertama tama yang harus teman teman lakukan adalah melihat denah atap, pada denah atap teman teman dapat melihat ukuran Lebar atap.

(Gambar Denah Atap Pelana )

Setelah kita melihat denah atap, sekarang kita akan melihat panjang atap, teman teman lihat pada detail kuda kuda.

(Gambar Detail Kuda kuda )

Sekarang kita akan menghitungnya:

Luas atap = Panjang atap x Lebar atap

= 4,107 M x 7,4 M

= 30,3198 M2

Jadi, Luas atap dengan ukuran seperti yang tertera pada denah adalah 30,3198 M2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *