Cara Menghitung Kebutuhan Plafon

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon – Plafon adalah bagian dari suatu bangunan yang di pasang di bawah atap, fungsinya adalah sebagai keindahan dari interior bangunan. plafon terdapat dengan berbagai jenis material, ada plafon bermaterial Multiplek, gypsum, dan viber.Dalam Analisa Harga Satuan Pekerjaan plafon di hitung dalam satuan meter luas (M2).Namun, pada saat kita memesan barang di pasaran, kayu untuk kebutuhan rangka plafon di jual dalam satuan batang dan kebutuhan penutup plafon (multipleks) di jual dalam satuan lembar.

(gambar plafond 3 dimensi)

Dalam membuat plafon, terdapat beberapa komponen yang harus kita hitung, diantaranya rangka plafon dan material penutup rangka plafon, Material plafon yang kita gunakan adalah kayu 5 cm x 5 cm untuk rangka plafon nya, dan multipleks (ukuran 1,22 m x 2,44 m) untuk penutupnya.

(gambar plafond dan rangka Plafon)

(Gambar penampang kayu )

Baca Juga: CARA MEMBUAT DENAH SLOOF

kali ini kita akan mebahas kedua duanya, Untuk menghitung plafon yang pertama teman teman butuhkan adalah denah plafon, pada denah plafon di jelaskan panjang kayu yang di gunakan, ukuran ruang dan ruang mana saja yang di pasang plafon.

(Gambar Denah Plafond)

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon dalam satuan Meter Luas (M2)

Untuk menghitung plafon, kita harus menghitu luas per ruang, diantaraya:

  • Kamar Tidur 1 = 3 m x 3 m  = 9 M2
  • Kamar Tidur 2= 3 m x 3 m  = 9 m2
  • Wc  = 1.5 m x 2 m  = 3 m2
  • Ruang tamu dan ruang keluarga = 4 m x 6 m = 24 M2
  • Ruangan depan Wc = 1,5 m x 2 m = 3 m2

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa masing masing ruangan sudah memiliki ukuran luasnya,setelah kita dapatkan masing masing ruangan tersebut, sekarang kita akan menjumlahkan total  luas ruangan tersebut, Maka:

Total Luas Kebutuhan Plafon = Luas Kamar tidur 1 + Kamar Tidur 2 + Luas Wc +Ruang tamu dan ruang keluarga +Ruangan depan Wc

= 9 M2 + 9 M2 + 3 M2 + 24 M2 + 3 M2

= 48 m2

Baca Juga : CARA MEMBUAT DENAH PONDASI

Nah, dari perhitungan di atas dapat kita simpulkan bahwa jumlah Kebutuhan Plafon kita pada rumah type 36 sederhana adalah 48 m2, mudah bukan? setelah kita Cara Menghitung Kebutuhan Plafon dalam satuan m2 , sekarang kita akan membahas cara menghitung kebutuhan plafon dalam satuan batang (Untuk rangka plafon) dan satuan lembar (Untuk penutup rangka plafon).

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon dalam satuan batang dan lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *