Cara Menghitung Paving Block

Cara Menghitung Paving Block Paving Block adalah ubin kecil kecil yang di pasang pada lantai carpot agar lantai bebas dari genangan air,dalam analisa harga perkerjaan paving block di hitung dalam satuan meterluas, tapi di pasaran paving block di jual dalam satuan buah/biji. kali ini kita akan membahas Cara Menghitung Paving Block dengan menggunakan kedua cara tersebut.

Dalam menghitung paving block, ada item pekerjaan yang harus kita hitung, yaitu pasir sebagai alas paving block. Pasir alas di hampar sepanjang pasangan paving block, gunanya agar air mudah mereap ke tanah. paving block terdapat dengan berbagai bentuk modelnya, ada paving block berbentuk bata persegi panjang, hexagon segi enam, trihex.Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas Cara Menghitung Paving Block dengan beberapa bentuk model.

CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Paving-Block Cara Menghitung Paving Block
Cara Menghitung Paving Block
CAKOLOGI DESAIN Cara-Menghitung-Paving-Block-1 Cara Menghitung Paving Block
Cara Menghitung Paving Block

Dari gambar di atas dapat kita peroleh data:

Panjang = 3.00 M

Lebar= 4.50 M

Ketebalan = 0.1 M

Untuk menghitung Volume kebutuhan pasir alas paving block adalah:

Volume Pasir Alas Paving block = Panjang x Lebar x tinggi

= 3,00 m x 4,50 m x 0,1 M

=1.35 M3

Maka, total volume pasir alas pasir paving block kita adalah : 1.35 M3

Baca Juga :CARA MEMBUAT DENAH RUMAH DENGAN AUTOCAD

Setelah kita dapatkan jumlah volume kebutuhan pasir alas, sekarang kita akan masuk ke Cara Menghitung Paving Block. Seperti biasa,Untuk menghitung paving block, teman teman harus melihat denah pemasangan paving blocknya, nantinya pada denah tersebut akan di tampilkan berapa ukuran panjang pemasangan paving blocknya dan lebar pemasangan paving block nya.

CAKOLOGI DESAIN Denah-Pemasangan-Paving-Block Cara Menghitung Paving Block
Denah Pemasangan Paving Block

Dari gambar di atas dapat kita lihat ukuran panjang dan lebar pemasangan paving block nya. maka, skearang kita akan menghitung luas pemasangan paving blocknya.

Luas Pemasangan Paving Block = Panjang Pemasangan Paving Block x Lebar Pemasangan Paving Block

=3,00 m x 4,50 m

= 13,5 m2

Setelah kita dapatkan jumlah pemasangannya sekarang kita akan menghitung berapa kebutuhan Pemasangan Paving Block dalam satuan buah/biji, untuk menghitungnya teman teman harus mengetahui bentuk paving block karena berbeda bentuk paving block, berbeda juga ukuran paving blocknya.

CAKOLOGI DESAIN Paving-Block Cara Menghitung Paving Block
Paving Block

Dari gambar di atas dapat kita lihat kalau bentuk paving block kita adalah bentuk persegi panjang. dengan ukuran paving block  21 cm x 10,5 cm, setelah kita dapatkan ukurannya, sekarang kita akan mencari luas dalam satu paving block tersebut.

Luas dalam satu paving block = Pajang paving block x lebar paving block

= 0.21 m x 0.105 m

= 0,02205 M2

Berarti, luas dalam satu paving block dengan bentuk persegi panjang adalah  0,02205 M2, Setelah kita dapatkan luas dalam satu paving block, sekarang kita akan mencari berapa buah paving bock yang kita butuhkan (Buah) ?, Maka:

Jumlah Kebutuhan Paving Block = Total Luas Pemasangan/ Luas dalam satu paving block

= 13,5 m2 / 0.02205 m2

= 612,24 buah di bulatkan menjadi 613 buah

Maka, Total Kebutuhan Paving block kita dengan bentuk persegi panjang adalah 613 buah, mudah bukan? Terimakasih buat teman teman pembaca yang sudah mampir di pembahsan Cara Menghitung Paving Block, sampai jumpa di pembahasann selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *